Jump to content

  • Forum Beladiri

- - - - -

Kenapa Nafas Narik Hidung Keluar Mulut?


5 replies to this topic

#1 Forum_Bot

    Member

  • Members
  • PipPip
  • 1,000,255 posts
  • 0 thanks
  • Location127.0.0.1:80

Current mood: None chosen 
Offline

Posted 30 September 2011 - 10:38 AM

Original thread's credit belongs to:

Please Login or Register to see this Hidden Link





bennix said:

Hallo juragan juragan BOGE NABAN, ane mau tanya nih.
Kenapa kalau olahragawan khususnya aerobikers (pecinta aerobik) untuk pernafasannya disarankan untuk mengambil dari hidung dan keluar dari mulut, bukan sebaliknya?



Menurut gue justru yang benar itu menarik nafas dari mulut lalu keluarkan dari hidung, kenapa:
1. Untuk melakukan gerakan ninjitsu, salto, guling2 dan apapun itu dibutuhkan energi. Untuk mensuplai energi kita butuh pecahan protein /ATP
2. Energi maksimal dihasilkan dari pembakaran yang maksimal (lebih cepat mana pertamax atau premium??)
3. Untuk pembakaran yang maksimal dibutuhkan OKSIGEN yang maksimal
4. Pembakaran yang maksimal menghasilkan kalor yang terburai semakin banyak, artinya ente SEMAKIN CEPAT KURUS

....eh,..no 4 gak nyambung nih tolong diloncatin ke no 5

5. Untuk mendapatkan OKSIGEN yang banyak anda membutuhkan vacuum yang besar, nah secara fisiologis mana yang lebih besar corong hidung atau corong mulut??

Intinya:
Menurut gue keknya lebih efektif untuk ambil nafas pake mulut keluar pake apapun. (dan ini biasanya bikin kita lebih capek juga)

Nah menurut juragan-juragan, master-master bogenaban disini yang bener itu gimana sih baik secara Teoritis dan Praktis?


dejask said:

gw cuma membayang kan saat latihan mukul, dimana saat memukul utk menambah power harus di tambah pompa nafas dari perut ke luar lewat mulut, kalo lewat hidung yg ada sambil mukul ingus pun keluar wk wk wk



kiaisemar said:

Udah pernah nanya ke ahli kesehatan belum? apa dokter gitu?
kalo menurut saya sih, hidung memang diciptakan buat bernafas. kalo hirup pake mulut gak ada saringannya!



bennix said:

Segi medis iya, tapi dari segi teknis itu yang gue pertanyakan.
Oh iya sebelumnya, gue cabang olahraganya tinju dan pernah sedikit mendalami kempo, judo dan kendo.

Semuanya sama, yang bener itu narik HIDUNG keluar MULUT!!
Tapi dari segi fisiologis itu gue pikir justru yang harus kita praktekan sebaliknya.

Buat yang lagi diet, coba deh lari pagi pake hidung sama lari pagi pake mulut. Mana yang bikin lo cepet kurus?



Pohon Jengkol said:

gan...kalo caranye ente gitu...
Kalo ketemu orang CMA atawa silat trus ketahuan ente kapan lagi narik nafas atau kosongnye...bisa abis ente...

tinggal tunggu mangap doang..jebret..selese deh...

Setahu ane biasanye para master mah nyamarin kapan die ngeluarin atawa ngehimpun nafas...

Correct Me If I'm Wrong




inderaMAIA said:

secara logika:
narik nafas lewat hidung = penyaringan
ngeluarin nafas lewat mulut = pembuangan kalori terbesar, maksudnya buang "sampah"nya bisa maksimal...

saya sangat sangat sangat sangat sangat tidak menyarankan untuk menarik nafas dari mulut lalu mengeluarkannya dari hidung, kecuali kalo' mau eksperimen menjadi diver -tapi setau' saya baik narik maupun ngeluarin nafas pasti lewat mulut-mulut juga (buat yang suka diving...)




Tenji_no_Ichi said:

gunanya hidung bwt narik napas, ada saringan/filternyaa, jadi bersih....

kalo bwt bertarung, jgn sampe lawan ngerti ritme napas kita, apalagi kalo napas kita kedengeran...


jadi, napas aja spt bayi lg bobo,,, natural relax ga ada yg denger napasnya...


sofianonline said:

kalo di TD dulu diajarin dari idung buang lewat mulut buat nambah power..

nah pas selesai pemanasan, malah narik dari lobang idung kiri keluar dari kanan dan terus sebaliknya, trakhir baru dari mulut keluar idung.. rasanya jadi dingin karnanya disebut pendinginan...



@soygeboy said:

Pembahasan yg menarik, coba angkat lg ah..
Coba anda rasakan saat menarik napas lewat hidung atau mulut di otot dada anda?

*pada saat tarik napas lewat hidung terasa gak ada gerakan di otot dada?
Bandingkan saat tarik napas lewat mulut.
*saat tarik napas lewat hidung otot dada terasa mengembang dan itu jg membantu paru2 kita dalam mensuplai oksigen.
*saat tarik napas lewat mulut otot dada cenderung tertarik ke dalam yg membuat paru2 tidak maksimal mengumpulkan oksigen.

Teknik mengeluarkannya baru bisa macam2 tergantung kebutuhan.
Efek dari teknik pembuangannya akan bervariasi tergantung cara mengeluarkannya.
Membuang napas jg tidak mutlak dari mulut.

Di pstd ada teknik membuang napas melalui hidung atau mulut bahkan ada yg bergatian.

Sudah dulu ah.

Just share. Nice thread

  • +
  • -
  • 0

#2 Forum_Bot

    Member

  • Members
  • PipPip
  • 1,000,255 posts
  • 0 thanks
  • Location127.0.0.1:80

Current mood: None chosen 
Offline

Posted 30 September 2011 - 10:41 AM

ghorylla said:

salam
napas mau pake hidung atau pun mulut yah tergantung MA-nya, kadang tiap MA beda2 metodenya...asal jangan bernapas pake insang aja, nanti disangka ikan sapu-sapu...hehehe....




Bb_4_Good said:

Slam kenal..
Bukan cm di AeroBikers, tp hampir di sluruh cabang olahraga jg dilakukan cara pernafasan seperti itu.. mungkin kecuali renang... Correct Me If I'm Wrong
Perhatikan yg pd angkat Besi, BodyBuilder, Tennis/Bandminton bahkan para pemain sepakbola.

Mreka smua menarik nafas dr hidung dan pd saat eksekusi gerakan/tendangan/pukulan, mereka menghembuskan nafas secepat mungkin lwt mulut lalu mulut ditutup pula pd saat nafas akan berakhir/pd saat1-2 detik moment pelepasan eksekusi.

dgn begitu akan didapat Daya akhir (W) [kalo ga slh simbolnya "W"] dari percepatan gerakan yg di-kwadradkan x massa tubuh.

Percepatan itulah didpt dari olah pernafasan spt yg saya katakan diatas.

Kalo di Taekwon-Do (ITF) Pernafasan spt itu adalah makanan sehari-hari, Gend.Choi sbg pencipta Taekwon-Do sdh menerapkan tehnik itu.
dan jg pola gerakan yg menunjang tehnik pernafasan itu, SINEWAVE.

Besarnya Lubang hidung ataupun mulut, tdk berpengaruh atas asupan oksigen yg akn tertampung oleh seorang manusia, hidung memang digunakan utk bernafas. cth lainnya adalah seorg PETINJU yg sdh memiliki kebiasaan Tarik/buang lwt hidung, tergantung orgnya jg..

Tp slama ini yg udah pernah sy coba dan yg paling efektif utk mendapatkan TENAGA/DAYA maksimal adalah Tarik lwt hidung n kluarkan scepatnya lwt mulut sembari menutup mulut dgn cepat pd saat Attacking Tools (alat serang kita) mendarat pd sasaran..

Nb: kebiasaan manusia "Normal' tanpa qt sadari: bernafas lwt hidung, masuk n kluar lwt hidung, makanya ada Upil.. haha.. (ga nyambung dot com)

Keuntungan General tarik nafas lwt hidung:
Kotoran pd udara sekitar akan tersaring n paru-paru lbh tahan lama..

Keuntungan buang lwt mulut:
Hasil pernafasan adalah CO2 (udaara kotor/polusi) udah sebaiknya keluar lsg tanpa disaring lg, krn kotor, kalo keluarnya lwt hidung, CO2-nya ada yg nyangkut di bulu hidung, akan nambah UPIL.. haha..

  • +
  • -
  • 0

#3 Toadmaster

    Newbie

  • Members
  • Pip
  • 4 posts
  • 0 thanks

Current mood: None chosen 
Offline

Posted 10 February 2012 - 11:42 AM

mengurangi tekanan ke paru paru, khususnya kalo melakukan gerakan dgn penggunakan tenaga yg besar, . menitik beratkan kekuatan perut, kalo di taruh di paru2 bisa amsyong A.KA muntah darah :-P
  • +
  • -
  • 0

#4 ouchhh

    Newbie

  • Members
  • Pip
  • 23 posts
  • 0 thanks

Current mood: Balanced 
Offline

Posted 10 July 2012 - 03:23 PM

View PostToadmaster, on 10 February 2012 - 11:42 AM, said:

mengurangi tekanan ke paru paru, khususnya kalo melakukan gerakan dgn penggunakan tenaga yg besar, . menitik beratkan kekuatan perut, kalo di taruh di paru2 bisa amsyong A.KA muntah darah :-P


saya setuju dengan yang ini bisa amsiong, o ya kata Guru saya sih selain ke paru2 supaya ga naik ke ubun-ubun tekananya
  • +
  • -
  • 0

#5 Tenji_no_Ichi

    Member

  • Moderators
  • PipPip
  • 703 posts
  • 1 thanks
  •  

Current mood: Amused 
Offline

Posted 27 July 2012 - 03:56 AM

yg jelas siy kalo tarik dr mulut dan dikeluarin dr hidung, uap air dr dalem tubuh dlm jumlah banyak ntar hidungnya berasa agak2 pilek gmanaaa gitu... :-P
  • +
  • -
  • 0

#6 ouchhh

    Newbie

  • Members
  • Pip
  • 23 posts
  • 0 thanks

Current mood: Balanced 
Offline

Posted 27 March 2013 - 02:43 PM

kalo di buang lewat idung sedikit banyak energinya kebuang ke otak... ga bagus... jadi di buang lewat mulut supaya ledakan tenaganya kebuang...
  • +
  • -
  • 0